Masjid Agung Al-Marhamah Bone Bolango - Gorontalo

The white mosque, Masjid Agung Al-Marhamah kabupaten Bone Bolango tampil megah dengan balutan warna putih.

Masjid Agung Al-marhamah adalah masjid agung kabupaten Bone Bolango, provinsi Gorontalo di pulau Sulawesi. Masjid agung megah dengan dominasi warna putih ini memiliki sejarah yang cukup panjang, pertama kali dibangun tahun 1820. Lokasinya berada di desa Desa Bubeya, kecamatan Suwawa, kabupaten Bone Bolango provinsi Gorontalo.

Kabupaten Bone Bolango adalah salah satu kabupaten di Provinsi Gorontalo, Kabupaten ini merupakan pemekaran Kabupaten Gorontalo tahun 2003. Pada waktu dimekarkan Kabupaten Bone Bolango hanya terdiri atas empat wilayah kecamatan, yaitu: Bone Pantai, Kabila, Suwawa, dan Tapa. Sampai bulan September 2011, Kabupaten Bone Bolango mengalami banyak proses pemekaran kecamatan menjadi 17 kecamatan dan 1 kecamatan persiapan (wilayah Pinogu).

Masjid Agung Al-Marhamah Bone Bolango
Jl. Aroman Wartabone, Desa Bubeya, Kecamatan Suwawa
Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo 96113



Lokasi Masjid Agung Al-Marhamah ini terpaut jarak cukup jauh dari kantor Bupati Bone Bolango yang berada di Jl. Prof. Dr. Ing. Bj. Habibie, di desa Ulanta, Kecamatan Suwawa. Jarak diataranya terpaut hampir 5 km. Di dekat kantor bupati Bone Bolango ini telah berdiri Masjid Islamic Center Bone Bolango.

Masjid Agung Al-Marhamah memiliki luas tanah 2.613 m2 berstatus tanah wakaf, luas bangunan masjidnya mencapai 4.365 m2 dan diperkirakan mampu menampung hingga 2000 jemaah sekaligus. Bangunan masjidnya di dominasi warna putih dengan aksen warna kuning emas. Satu kubah besar berbentuk oval di di atap masjid di apit beberapa kubah dengan ukuran lebih kecil di atap beranda dan atap sayap bangunan.

Interior Masjid Agung Al-Marhamah, kabupaten Bone Bolango.
Empat menara putih menjulang di empat sudut bangunan utama masjid, sementaa satu menara yang tampaknya merupakan menara dari bangunan masjid sebelum renovasi berdiri megah terpisah dari bangunan masjid. Sehingga secara keseluruhan masjid Agung Al-Marhamah ini memiliki lima menara.

Sebagai masjid agung kabupaten masjid Agung Al-marhamah menjadi pusat aktivitas Islam di Kabupaten Bone Bolango termasuk penyelenggaraan peringatan hari hari besar Islam dan sholat hari raya idul fitri dan idul adha. Pada hari raya idul adha masjid ini juga menjadi pusat penyembelihan hewan qurban.

Tradisi festival Walima di Kabupaten Bone Bolango.
Sholat hari raya di masjid ini dikuti oleh Bupati Bone Bolango, unsur pimpinan SKPD, para tokoh, ulama, para tokoh dan ketua adat serta masyarakat muslim setempat. Uniknya, di kabupaten ini, pada penyelenggaraan sholat hari raya idul adha kemudian penyembelihan hewan qurban, selanjutnya dilakukan prosesi adat Dua Lo Ulipu (Doa untuk Negeri/Daerah) bertempat di Yiladiyah (Rumah Dinas) Bupati Bone Bolango.

Tradisi Walima

Masjid Agung Al-Marhamah kabupaten Bone Bolango ini juga menjadi pusat acara tradisi Walima, berupa parade dan festival Walima yang diikuti oleh seluruh SKPD dan Camat se Kabupaten Bone Bolango yang mengambil start di lapangan Likada-Kabila menuju Masjid Agung Al Marhamah. Tradisi ini diselenggarakan dalam peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad S.A.W.

Exterior Masjid Agung Al-Marhamah dari arah gerbang utama (foto dari IG @vicky_al_imran)
Festival walima ini selalu berlangsung meriah di ikuti oleh berbagai lapisan masyarakat dan merupakan salah satu tradisi budaya masyarakat Gorontalo secara keseluruhan tidak saja bagi masyarakat kabupaten Bone Bolango yang berfalsafakan Adat bersendikan Syara, dan Syara bersendikan kitabullah.

Tradisi walima sebagai bagian dari peringatan Maulid Nabi Muhammad yang dipusatkan di Masjid Agung Al Marhamah ini sudah menjadi agenda daerah, sehingga pelaksanaannya ditangai oleh pemerintah kabupaten dan dihadiri oleh Bupati/wakil Bupati, para pejabat daerah, Kadhli Bone Bolango, pemangku-pemangku adat, dan jamaah masjid Al Marhamah serta masyarakat setempat.

Tradisi penyalaan lampu tumbilotohe.

Tradisi Lampu Tumbilotohe

Tradisi lainnya dari masyarakat muslim Bone Bolango dan Gorontalo adalah tradisi menyalakan lampu Tumbilotohe yang diselenggarakan di bulan suci Romadhon tiga hari menjelang hari raya Idul Fitri. Penyalaan perdana lampu Timbilotohe ini dilaksaan di rumah dinas Bupati/wakil Bupati dilanjutkan dengan tradisi khatamul Qur’an yang juga dilaksanakan di rumah dinas Bupati Bone Bolango.

Acara yang diawali dengan buka puasa bersama di rumah kediaman Wakil Bupati dan sholat Magrib di Masjid Agung Al Marhamah, dilanjutkan dengan pemungutan zakat fitrah yang diawali oleh Bupati dan Wakil Bupati dan kemudian dilanjutkan dengan khatamul Qur’an. Sebuah tradisi yang cukup menarik tentunya.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Referensi


Baca Juga


Comments

Popular posts from this blog

Masjid Raya Tanjung Pasir

Sejarah Sigi Lamo, Masjid Sultan Ternate

Masjid Namira Lamongan